Pengembangan Modul Berbasis Sains, Environment, Technology, and Society tentang Materi Klasifikasi Makhluk Hidup untuk Kelas X SMA

Ramadhani, Putri (2023) Pengembangan Modul Berbasis Sains, Environment, Technology, and Society tentang Materi Klasifikasi Makhluk Hidup untuk Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_PUTRI_RAMADHANI_18031020_171_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kurangnya variasi bahan ajar dapat memicu kejenuhan peserta didik terhadap bahan ajar yang digunakan, sehingga dibutuhkan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik untuk menarik minat belajar peserta didik. Materi yang kerap dinilai sulit oleh peserta didik diantaranya adalah materi klasifikasi makhluk hidup. Materi tersebut akan lebih mudah dipahami jika dikaitkan dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat. Jadi, dikembangkanlah modul berbasis SETS tentang materi klasifikasi makhluk hidup untuk kelas X SMA dengan tujuan menghasilkan modul berbasis SETS tentang materi klasifikasi makhluk hidup Kelas X SMA yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Four-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Tahapan pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahapan develop terhadap uji validitas dan praktikalitas karena keterbatasan waktu dan dana. Subjek penelitian yaitu dua orang dosen biologi FMIPA UNP, satu orang guru biologi, dan 30 orang peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Harau. Objek penelitian adalah modul berbasis SETS tentang materi klasifikasi makhluk hidup untuk kelas X SMA. Instrumen yang digunakan berupa angket observasi guru dan peserta didik, angket uji validitas dan uji praktikalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif jenis statistik deskriptif. Penelitian yang dilakukan menghasilkan modul berbasis SETS tentang materi klasifikasi makhluk hidup yang dikategorikan sangat valid dengan nilai rata-rata 91,72%. Produk dinilai sangat praktis oleh guru biologi kelas X dengan nilai rata-rata 91,77% dan dinilai praktis oleh peserta didik dengan rata-rata 86,34%. Jadi, berdasarkan hasil penelitian tersebut dihasilkan modul berbasis SETS tentang materi klasifikasi makhluk hidup untuk kelas X SMA yang sangat valid dan praktis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSelaras, Ganda HijrahUNSPECIFIED
CorrectorArsih, FitriUNSPECIFIED
CorrectorRahmatika, HelsaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SAINS, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Dec 2023 08:12
Last Modified: 08 Dec 2023 08:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48916

Actions (login required)

View Item View Item