Pratiwi, Anisa
(2023)
Pengaruh Penggunaan Metode Group Investigation Berbantuan Media Audiovisual dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Menulis.
Masters thesis, Program Pasca Sarjana FBS Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa dalam menulis teks. Salah satu penyebabnya adalah metode pembelajaran yang kurang tepat dan monoton serta media pembelajaran yang kurang kreatif. Metode pembelajaran dapat memengaruhi aktivitas siswa pada proses belajar . Metode group investigation salah satu upaya meningkatkan daya pikir anak dan kreatifitas dalam menuangkan gagasan
ketika berdiskusi. Berbantuan media audiovisual menjadikan siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar sehari-hari. Oleh sebab itu, metode group investigation berbantuan media audiovisual dianggap sebagai metode yang dapat memengaruhi keterampilan siswa dalam menulis, khususnya menulis teks berita. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) pengaruh metode group investigation berbantuan media audiovisual dan metode ekspositori terhadap keterampilan menulis. (2) pengaruh metode group investigation berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis untuk siswa yang bermotivasi belajar tinggi. (3) pengaruh metode group investigation berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis untuk siswa yang bermotivasi belajar rendah. (4) interaksi antara penggunaan metode group investigation berbantuan media audiovisual dengan motivasi belajar terhadap keterampilan menulis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen.
Desain eksperimen yang digunakan adalah factorial design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang yang terdaftar pada tahun
pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelas VIII A dan kelas VIII B. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sample. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri atas dua instrumen, yaitu tes unjuk kerja dan lembar angket. Penelitian ini terdiri atas tiga variabel. Variabel pertama, yaitu keterampilan menulis teks berita sebagai variabel terikat. Variabel kedua, yaitu metode group investigation berbantuan media audiovisual yang memiliki peranan sebagai variabel bebas. Variabel ketiga, yaitu
motivasi belajar sebagai variabel moderator. Data dikumpulkan dan diolah berdasarkan teknik analisis yang ditetapkan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa metode group investigation berbantuan media audiovisual memengaruhi keterampilan menulis teks berita siswa kelas kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Panjang. Pengaruh
tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut. Pertama, hasil tes keterampilan menulis teks berita siswa yang diajar dengan menggunakan metode group investigation berbantuan
iii media audiovisual lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan menggunakan metode ekspositori. Kedua, keterampilan menulis teks berita siswa yang memiliki
motivasi belajar tinggi yang diajar menggunakan metode group investigation berbantuan media audiovisual lebih tinggi daripada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar menggunakan metode ekspositori. Ketiga, keterampilan
menulis teks berita siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar menggunakan metode group investigation berbantuan media audiovisual lebih tinggi daripada keterampilan menulis teks berita siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan metode ekspositori. Keempat, tidak terdapat interaksi antara
metode group investigation berbantuan media audiovisual dengan motivasi belajar dalam memengaruhi keterampilan menulis teks berita siswa.
Actions (login required)
|
View Item |