Kinanti, Salsa Phira Putri
(2023)
Pengembangan Multimedia Interaktif
Berbasis Articulate Storyline 3 dengan Model Problem Based Learning
pada Perkalian dan Pembagian Bilangan Desimal di Kelas IV Sekolah
Dasar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih terbatasnya penggunaan
multimedia interaktif pada materi perkalian dan pembagian bilangan
desimal di kelas IV Sekolah Dasar yang menggunakan Articulate Storyline
3. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan multimedia
interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada perkalian dan pembagian
bilangan desimal kelas IV di Sekolah Dasar yang valid dan praktis.
Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research
dan Development) dengan model ADDIE. Menurut Robert Maribe Brach
(dalam Sugiyono, 2019) model ADDIE memiliki lima tahapan yaitu
Analysis (analisis), Design (desain), Development (penerapan),
Implementation (implementasi), dan Evalution (evaluasi). Multimedia
interaktif yang dirancang kemudian divalidasi oleh validator menggunakan
lembar validasi berupa angket. Validasi produk terdiri dari validasi ahli
materi, ahli media dan ahli bahasa. Untuk praktikalitas produk dilakukan
dengan pengisian angket respon guru dan angket respon peserta didik.
Subjek uji coba produk di SD Negeri 33 Payakumbuh dan subjek penelitian
produk di SD Negeri 38 Payakumbuh.
Hasil penelitian yang dikembangkan, diperoleh hasil tingkat validitas
multimedia interaktif pada perkalian dan pembagian bilangan desimal
dengan jumlah keseluruhan nilai validasi dengan persentase sebesar 91,75%
yang termasuk kategori “Sangat Valid”. Berdasarkan respon guru dan
respon peserta didik di sekolah uji coba dapat diketahui bahwa pembelajaran
menggunakan multimedia interaktif sangat praktis dengan nilai rata-rata
95% dan 92%. Sedangkan persentase respon guru dan respon peserta didik
di sekolah penelitian terhadap pembelajaran menggunakan multimedia
interaktif sangat praktis dengan nilai rata-rata 96,66% dan 93%. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa Multimedia interaktif berbasis
Articultae Storyline 3 pada perkalian dan pembagian bilangan desimal telah
valid dan praktis.
Actions (login required)
|
View Item |