Dayant, Sri Fani
(2023)
Efektivitas Konseling Kelompok Cognitive Behavior Therapy dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Peserta Didik.
Masters thesis, Program Pasca Sarjana FIP Universitas Negeri Padang.
Abstract
Perilaku prokrastinasi akademik merupakan kegiatan yang sering dilakukan peserta didik dalam mengerjakan tugas. Fenomena yang terjadi pada peserta didik di SMKN 3
Padang terkait dengan kebiasaan dalam mengerjakan tugas yaitu masih banyak peserta didik yang menunda-nunda mengerjakan tugas, mencontek tugas teman, mengerjakan PR
disekolah atau di sela-sela mata pelajaran yang lain serta terlambat dalam mengumpulkan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis perbedaan perilaku prokrastinasi
akademik peserta didik kelompok eksperimen sebelum dan sesudah mengikuti konseling kelompok cognitive behavior therapy dengan teknik restrukturisasi kognitif, (2)
menganalisis perbedaan perilaku prokrastinasi akademik peserta didik kelompok kontrol sebelum dan sesudah mengikuti konseling kelompok yang biasa digunakan guru-guru BK di sekolah, (3) menganalisis efektivitas konseling kelompok cognitive behavior therapy dengan teknik restrukturisasi kognitif untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik
peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment Design dengan rancangan pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 192 siswa, dan diambil 20 siswa yang dibagi menjadi 10 siswa untuk kelompok eksperimen dan 10 siswa untuk kelompok kontrol. Penarikan sampel yang digunakan Simple Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan model Skala Likert. Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan perilaku prokrastinasi akademik peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti konseling kelompok cognitive behavior therapy dengan teknik restrukturisasi kognitif, (2) terdapat perbedaan
yang signifikan perilaku prokrastinasi akademik peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti konseling kelompok yang biasa digunakan guru-guru BK di sekolah, (3) terdapat efektivitas konseling kelompok cognitive behavior therapy dengan teknik restrukturisasi untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik peserta didik. Sehingga penelitian ini dapat dijadikan bahan masukan sebagai dasar bagi guru BK/Konselor dalam memberikan konseling kelompok cognitive behavior therapy dengan teknik restrukturisasi kognitif dalam upaya mengatasi dan mencegah perilaku prokrastinasi
akademik peserta didik
Actions (login required)
|
View Item |