Khairani, Nikmah
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada
Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan
Model Cooperative Tipe Circuit Learning di Kelas
III SDN 02 Aur Kuning Kota Bukittingi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik masih rendah
karena proses pembelajaran masih berpusat pada pendidik (teacher center). Di sisi
lain, kurangnya kegiatan berdiskusi dalam belajar sehingga peserta didik susah
dalam mengembangkan dan menggali pengetahuan karena terpatok terhadap
buku. Penelitian ini bertujuan dalam mendeskripsikan peningkatan hasil belajar
tematik terpadu dengan menggunakan model Cooperative Tipe Circuit Learning.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus,
yakni siklus I terdapat dua kali pertemuan, dan siklus II terdapat satu kali
pertemuan. PTK memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian pendidik dan peserta didik SDN 02
Aur Kuning Kota Bukittingi. Data penelitian ini diperoleh dari penilaian rencana
pelasakanan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar. Teknik
pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes dan non tes.
Hasil penelitian ini menunjukan nilai rata-rata RPP siklus I yaitu 90% (B),
meningkat pada siklus II yaitu 95% (SB). Hasil pelaksanaan siklus I aspek
pendidik rata-rata yaitu 87,5%, meningkat pada siklus II adalah 93,75% (SB).
Pada aspek peserta didik siklus I nilai rata-rata 85,41% (B), siklus II meningkat
menjadi 93,75% (SB). Pada hasil belajar peserta didik nilai rata-rata diperoleh
82,15, pada siklus II meningkat menjadi 88,46. Dapat disimpulkan berdasarkan
hasil pengamatan dan hasil belajar bahwa dengan menggunakan Model
Cooperative Tipe Circuit Learning peserta didik dapat meningkatakan hasil
belajar pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III SDN 02 Aur Kuning Kota
Bukittinggi.
Actions (login required)
|
View Item |