Luther, Nober
(2023)
Pengembangan Multimedia Interaktif Macromedia Flash
8 Berbasis Pendekatan Konstruktivisme pada Pembelajaran IPAS di Kelas
IV Sekolah Dasar Gugus 1 Kecamatan Padang Utara Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi penggunaan media berbasis teknologi masih
jarang digunakan, media yang digunakan oleh guru menggunakan media
konvensional dan juga media abstrak. Guru berfokus pada buku paket, LKS, dan
media gambar. Sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik dan membosankan
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Multimedia Interaktif Macromedia
Flash 8 Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Pada Pembelajaran IPAS Kurikulum
Merdeka Belajar Di Kelas IV Sekolah Dasar.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model
ADDIE yang terdiri dari 5 tahap (analysis, design, development, implementation,
dan evoluation). Multimedia yang telah dirancang kemudian divalidasi oleh
validator menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk terdiri dari
ahli materi, media dan bahasa. Praktikalitas produk dilakukan dengan pengisian
angket respon guru dan peserta didik. Uji efektifitas dilakukan dengan memberikan
soal pre test dan post test kepada peserta didik.
Hasil penelitian pengembangan bahan ajar yang memiliki tingkat validitas
sangat valid, validitas media 85% (sangat valid), validitas materi 91,25% (sangat
valid), dan validitas bahasa 92,5% (sangat valid). Hasil uji praktikalitas di sekolah
uji coba SDN 01 Ulak Karang Selatan. Angket respon guru memperoleh hasil 92%
(sangat praktis) dan peserta didik memperoleh hasil 92% (sangat praktis).
Sedangkan pada sekolah tempat penelitian di SDN 29 Ulak Karang Utara, angket
respon guru memperoleh hasil 96% (sangat praktis) dan peserta didik memperoleh
hasil 95% (sangat praktis). Di SDN 25 Air Tawar Selatan, angket respon guru
memperoleh hasil 96% (sangat praktis) dan peserta didik memperoleh hasil 94%
(sangat praktis). Hasil efektifitas disekolah uji coba SDN 01 Ulak Karang Selatan
dan sekolah tempat penelitian di SDN 29 Ulak Karang Utara dan SDN 25 Air Tawar
Selatan hasil pre test dan post test ada peningkatan hasil. Dapat disimpulkan bahwa
penggunaan “Multimedia Interaktif Macromedia Flash 8 Berbasis Pendekatan
Konstruktivisme Pada Pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Belajar di Kelas IV
Sekolah Dasar” sangat valid, praktis dan efektif digunakan didalam proses
pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |