Saputri, Kurnia Wahyu
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada
Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based
Learning (PBL) Berbantuan Media Canva di Kelas III SDN 26 ATT Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik.
hal ini disebabkan karena perserta didik masih bersifat pasif saat belajar, peserta
didik belum mengembangkan pemikiran kritis dan rendah rasa ingin tahunya,
peserta didik belum mampu meningkatkan keterampilan memecahkan masalah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based
Learning (PBL) Berbantuan Media Canva untuk meningkatkan hasil belajar
peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III SDN 26 ATT
Padang.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
menggunakan dua jenis pendekatan,yaitu pendekatan kualitatif dan pendekatan
kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas III yang
berjumlah 27 orang. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, pada setiap siklus
terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamtan, dan refleksi. Teknik
pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes dan non tes.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I dimulai
dengan hasil analisis penyusunan : a) RPP menunjukan rata-rata pada 82 (B) dan
siklus II menjadi 94% (A), b) pelaksanaan aspek guru siklus I rata-rata 83% (B)
dan siklus II menjadi 93% (A) sedangkan pelaksanaan aspek peserta didik siklus I
rata-rata 83% (B), dan siklus menjadi II 93% (A), c) penilaian terhadap hasil
belajar peserta didik pada siklus I rata-rata 77% (C) dan pada siklus II menjadi
93% (A). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model
Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Canva dapat meningkatkan
hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.
Actions (login required)
|
View Item |