Aprilia, Modesti Nur
(2023)
Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis
Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir
Kreatif Siswa Kelas V SD.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurang tersedianya bahan ajar
tematik terpadu yang inovatif. Guru dan peserta didik hanya menggunakan satu
jenis bahan ajar saja sehingga peserta didik kurang aktif dan kreatif dalam proses
pembelajaran. Bahan ajar tematik terpadu ini dibuat semenarik mungkin dengan
adanya gambar, kegiatan proyek, serta desain yang menarik dengan tujuan agar
peserta didik termotivasi dan menarik minat peserta didik dalam belajar. Penelitian
ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar tematik terpadu berbasis model
project based learning di kelas V SD Tema 8 Subtema 1 yang valid, praktis, dan
efektif.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model
pengembangan 4D. Model pengembangan 4D terdiri dari 4 langkah dalam
pengembangannya, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design),
pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Pengumpulan data
menggunakan lembar validasi, angket respon, tes evaluasi, dan lembar pengamatan.
Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 19 orang peserta didik di kelas V SD
Negeri 108/III Koto Mudik. Subjek penyebaran bahan ajar ini dilakukan di SD
Negeri 116/III Koto Dua Lama dan SD Negeri 34/III Pendung Hilir.
Hasil dari penelitian ini diperoleh bahan ajar tematik terpadu yang
dikembangkan memiliki validitas dengan rata-rata nilai 87,63% dengan kategori
sangat valid, tingkat praktikalitas peserta didik dengan rata-rata nilai 96,6% dengan
kategori sangat praktis, dan praktiklitas guru dengan nilai 93,6% dengan kategori
sangat praktis, hasil efektivitas bahan ajar menunjukkan hasil yang sangat efektif
dengan persentase peningkatan hasil belajar peserta didik sebanyak 89,47%
meningkat dan ketuntasan 94,73% serta kemampuan berpikir kreatif meningkat
dengan persentase 86,51%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar
tematik terpadu berbasis model project based learning untuk meningkatkan
keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V SD telah dinyatakan valid, praktis, dan
efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |