Ramazoni, Ilhamda
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Tematik Siswa
Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN No 37 Pasar Bukit
Kabupaten Pesisir Selatan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yang
menunjukkan kurangnya pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran
dikarenakan kegiatan pasca pandemi dan tidak tersalurkannya semangat belajar
peserta didik yang disebabkan oleh RPP yang disusun guru hanya menggunakan
pendekatan saintifik yang ada di buku guru, sumber belajar dan bahan ajar yang
digunakan hanya menggunakan buku siswa. Pembelajaran yang dilaksanakan
masih berpusat pada guru, guru belum belum memberikan pengalaman lansung
pada peserta didik sehingga peserta didik belum aktif saat proses pembelajaran yang
berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan. Peningkatan hasil belajar tematik terpadu siswa
menggunakan model Discovery Learning di kelas IV SDN No 37 Pasar Bukit
Kabupaten Pesisir Selatan
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus,
yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di
setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan
dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SDN No
37 Pasar Bukit Kabupaten Pesisir Selatan dengan jumlah 15 orang peserta didik.
Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan ratarata
82,9%
(baik),
dan siklus II 90% (Sangat Baik), b) pelaksanaan pada aspek guru
siklus I dengan rata-rata 84,4 (baik), dan siklus II 96,8% (sangat baik), sedangkan
pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 82,8% (baik), dan siklus II 96,8%
(sangat baik), c) Penilaian terhadap peserta didik pada aspek pengetahuan siklus I
memperoleh nilai 71,45 dan siklus II memperoleh nilai 47,48. Sedangkan penilaian
peserta didik pada aspek keterampilan siklus I memperoleh nilai 70,86 dan siklus II
memperoleh nilai 89,4. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa
dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar
tematik terpadu pada siswa.
Actions (login required)
|
View Item |