Suni, Fikrah Hafiz
(2023)
Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Flip
PDF Corporate pada Materi Penyajian Data di Kelas V SD.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Bahan ajar merupakan salah satu unsur penting yang dapat mendukung
berlangsungnya proses pembelajaran. Guru harus bisa mengembangkan bahan ajar
yang sesuai dengan perkembangan zaman. Pada saat ini kita berada pada era
revolusi industri 4.0 dimana perangkat digital sudah menjadi kebutuhan seharihari
manusia. Namun, berdasarkan fakta yang ditemukan di beberapa Sekolah
Dasar bahan ajar yang digunakan masih bersifat konvensional. Penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital berbasis Flip PDF Corporate
pada materi penyajian data di kelas V SD yang valid dan praktis.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research & development
(R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap,
yaitu analysis (menganalisis), design (perancangan), development
(pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluation (evaluasi). Setelah
menganalisis kebutuhan di lapangan, peneliti merancang bahan ajar yang
kemudian divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Setelah bahan
ajar valid, bahan ajar diimplementasikan dalam pembelajaran dan diuji
praktikalitasnya dengan lembar praktikalitas yang diisi oleh peserta didik kelas V
dan guru wali kelas V. Uji coba produk dilakukan di SD Negeri 16 Padang Kudo,
kemudian dilanjutkan dengan penelitian di SD Negeri 14 Simpang Ampek.
Hasil dari penelitian pengembangan bahan ajar digital berbasis Flip PDF
Corporate pada materi penyajian data di kelas V adalah valid dengan rata-rata
penilaian validator 90,56%. Kemudian, pada sekolah uji coba diperoleh kategori
sangat praktis dengan skor kepraktisan sebesar 90% dari angket respon guru dan
95,24% dari angket respon peserta didik. Selanjutnya, pada sekolah penelitian
juga dikategorikan sangat praktis dengan skor 90% dari angket respon guru dan
90,95% dari angket respon peserta didik. Dengan demikian, bahan ajar digital
sudah dinyatakan valid dan praktis untuk diimplementasikan dalam pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |