Batubara, Annisa Afriani
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada
Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning
Tipe Example Non Example di Kelas V SDN 10 Sapiran Kota Bukittinggi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah
dan kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan
oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan
hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model
Cooperative Learning tipe Example Non Example.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I
terdiri dari dua pertemuan, dan siklus II terdiri dari satu pertemuan. Subjek
penelitian ialah peserta didik kelas V SDN 10 Sapiran kota Bukittinggi dengan
jumlah 24 peserta didik, 15 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Data penelitian
ini diperoleh dari hasil pengamatan dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari
hasil pengamatan RPP pada siklus I pertemuan 1 adalah 80,5%(B) dan pada siklus
I pertemuan 2 adalah 88,9%(B) sehingga diperoleh rata-rata 84,7% (B), meningkat
pada siklus II menjadi 94,44% (AB). Ini juga terlihat pada hasil pelaksanaan
pembelajaran aspek guru siklus I pertemuan 1 adalah 71,9%(C), dan pada siklus I
pertemuan 2 adalah 87,5%(B) sehingga diperoleh rata-rata 79,7% (C), meningkat
pada siklus II menjadi 93,75% (AB). Pada aspek peserta didik Siklus I pertemuan
1 adalah 71,9%(C), dan pada siklus I pertemuan 2 adalah 87,5%(B) sehingga
diperoleh rata-rata 79,7% (C), meningkat pada siklus II menjadi 96,9% (AB). Pada
hasil belajar peserta didik pada aspek sikap Siklus I pertemuan 1 terdapat 7 orang
peserta didik yang menonjol dengan 2 orang peserta didik berperilaku positif dan
5 orang berperilaku negatif dan Siklus I pertemuan 2 terdapat 6 orang peserta didik
yang menonjol dengan 2 orang peserta didik berperilaku positif dan 4 orang
berperilaku negatif sedangkan pada siklus II terdapat 4 orang peserta didik yang
menonjol dengan 1 orang peserta didik berperilaku positif dan 3 orang berperilaku
negatif. Pada aspek pengetahuan pada siklus I pertemuan satu diperoleh nilai
68,72(K) dan pada siklus I pertemuan 2 diperoleh nilai 77,11(C) sehingga memiliki
rata-rata 72,95(C), meningkat disiklus II menjadi 83,29(B). Pada aspek
keterampilan siklus I pertemuan 1 diperoleh nilai 67,98%(K) dan pada siklus I
pertemuan 2 diperoleh nilai 82,32%(B) sehingga memiliki rata-rata 75,15%(C),
meningkat disiklus II menjadi 90,1% (AB). Berdasarkan hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe
Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 10 Sapiran Kota Bukittinggi
Actions (login required)
|
View Item |