Sagita, Rahma
(2023)
Pengembangan E-LKPD Periode Revolusi Fisik
di Kota Padang dalam Menunjang Implemetasi Kurikulum Merdeka untuk Siswa di
SMA N 7 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kurangnya media
pembelajaran yang membahas mengenai konten lokal yang menunjang implemetasi
kurikulum merdeka serta minimnya pengetahuan siswa terhadap masa revolusi fisik
di Kota Padang dan belum tersedianya E-LKPD yang berkaitan dengan masa revolusi
fisik di Kota Padang. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui
cara mengembangkan E-LKPD periode revolusi fisik di Kota Padang. (2) Mengetahui
kelayakan dan kepraktisan E-LKPD periode revolusi fisik di Kota.
Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan Research and
Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian adalah
model ADDIE terdiri dari 5 tahap namun peneliti hanya melakukan penelitian sampai
4 tahap. Kelayakan E-LKPD (Validasi produk) dilakukan pada ahli E-LKPD dan ahli
materi. Sedangkan uji praktikalitas dilakukan pada Guru mata pelajaran Sejarah dan
Siswa Kelas XI F4 SMAN 7 Padang. Analisis data penelitian ini menggunakan
deskriptif kuantitatif yang di peroleh dari pengukuran skala, yaitu Skala Likert
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) tahapan analyze yang dimulai
dari melakukan analisis kebutuhan berupa analisis peserta didik, kebutuhan guru (2)
tahapan design yang dilakukan dengan mengumpulkan sumber-sumber referensi;
mengumpulkan gambar dan video; Membuat struktur E-LKPD; membuat CP, TP dan
ATP dan modul ajar, (3) tahapan develop yang dilakukan dengan melakukan uji
kelayakan media pembelajaran E-LKPD dan materi pembelajaran kepada validator
yang memperoleh hasil 3,56 dan ahli materi yang dinyatakan valid serta 3,51 dari ahli
media pembelajaran yang dinyatakan valid, (4) tahap implementasi dilakukan dengan
uji coba media kepada guru dan siswa, kemudian dilakukan pengisian angket yang
memperoleh hasil 3,25 dari guru dengan kategori praktis dan 3,55 dari siswa dengan
kategori sangat praktis.
Actions (login required)
|
View Item |