Sukuri, Rahmat
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di kelas IV UPT SDN 03 Sigintir Kabupaten Solok Selatan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih
rendah akibat proses pembelajaran yang masih berpusat kepada guru serta peserta
didik masih kurang aktif dalam proses pembelajaran. Hal demikian akan berdampak
pada hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Tujuan dari penelitian adalah
mendeskripsikan penggunaan model discovery learning.
Jenis penelitian ini yaitu, penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, penelitian dilakukan sebanyak
dua siklus dengan tiga kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik
berjumlah 26 orang yang terdiri 16 laki-laki 10 orang perempuan.
Hasil penelitian menunjukan ada peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil
pengamatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pada siklus I 81,94%
Dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II yaitu 94,44% dengan
kualifikasi sangat baik (SB) Pada hasil pengamatan aspek guru pada siklus I 76,56%
dengan kualifikasi cukup (C) meningkat pada siklus II yaitu 93,75% dengan
kualifikasi sangat baik (SB) dan pengamatan aspek peserta didik pada siklus I
76,56% dengan kualifikasi cukup (C) meningkat pada siklus II yaitu 93,75%dengan
kualifikasi sangat baik (SB) hasil belajar tematik terpadu pada penelitian siklus I
memperoleh rata-rata 77,12 meningkat pada siklus II memperoleh rata-rata 89,90
dengan demikian, berdasarkan data peneliti dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
menggunakan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar pada
pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar
Actions (login required)
|
View Item |