Rahmi, Intan Aulia
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Teams Assisted Individualization (TAI) di Kelas V SDN 18 Air Tawar Selatan kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pembelajaran peserta didik
yang kurang memiliki rasa tanggungjawab terhadap kelompok, belum terjadinya
interaksi dan kerja sama antar anggota kelompok, sering terjadi hanya satu atau dua
orang saja yang aktif bekerja dalam kelompok, peserta didik yang pandai
mendominasi kegiatan diskusi, dan di dalam satu kelompok hanya berisikan peserta
didik yang memiliki kemampuan lemah/pandai saja. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu
menggunakan model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization
di kelas V SDN 18 Air Tawar Selatan Kota padang.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan pada semester II
tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas V
yang berjumlah 17 orang. Dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2
pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat
tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik
pengumpulan data berupa observasi, tes, dan non tes.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I a) RPP
diperoleh rata-rata 85, 93% (B) dan siklus II menjadi 96, 87% (SB), b) pelaksanaan
aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 85, 93% (B) dan siklus II diperoleh rata-rata
93, 75% (SB), pelaksanaan aspek siswa diperoleh rata-rata 85, 93 % (B) dan siklus
II diperoleh rata-rata 93, 75% (SB), c) penilaian terhadap hasil belajar peserta didik
pada siklus I diperoleh rata-rata 79.35% (D) dan siklus II diperoleh rata-rata 90,52%
(B). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model
Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan
hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu.
Actions (login required)
|
View Item |