Putri, Fanny Azzahra (2023) Pengembangan Handout Berbasis Kontekstual tentang Materi Virus dan Peranannya untuk Peserta Didik Fase E SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_3_FANNY_AZZAHRA_PUTRI_19031134_6155_2023.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang menuntut kemandirian bagi peserta didik dan guru. Kemandirian dalam artian bahwa guru dan peserta didik diberi kebebasan dalam mengakses ilmu yang diperoleh dari pendidikan formal maupun non formal. Guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan media pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran belum terdapat media pembelajaran handout berbasis kontekstual. Peserta didik mengungkapkan bahwa media pembelajaran yang biasa digunakan sulit untuk dipahami, kurang menarik, dan tidak memberikan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar yang dapat menarik minat belajar peserta didik dan mudah dipahami sebagai solusi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan handout berbasis kontekstual tentang materi virus dan peranannya untuk peserta didik fase E SMA/MA yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Four-D Model yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Namun, pada penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan. Subjek penelitian ini terdiri dari dua orang dosen biologi UNP, dua orang guru biologi SMAN 5 Padang, dan 32 orang peserta didik fase F SMAN 5 Padang. Data penelitian ini adalah data primer, dengan instrumen penelitian berupa lembar wawancara guru, angket observasi, angket uji validitas dan uji praktikalitas. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis kualitatif yaitu teknik pengumpulkan data menggunakan metode seperti wawancara, studi dokumentasi dan analisis data kuantitatif bertujuan untuk menganalisis angket observasi, angket validitas, dan angket praktikalitas. Hasil uji validitas produk, diperoleh nilai rata-rata validitas handout adalah 89,68% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji praktikalitas handout oleh guru dan peserta didik adalah 90,35% dengan kriteria sangat praktis. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa handout berbasis kontekstual yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis digunakan untuk pembelajaran biologi
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS KONTEKSTUAL TENTANG MATERI VIRUS | ||||||||||||
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Arlianis | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Nov 2023 04:07 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Nov 2023 04:07 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48152 |
Actions (login required)
View Item |