Aryani, Dewi Rika (2023) Efektivitas E-Modul Materi Sistem Koloid Berbasis Discovery Learning terhadap Hasil Belajar S-swa SM/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_7_DEWI_RIKA_ARYANI_17035131_1505_2023.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari pengembangan e-modul sistem koloid berbasis discovery learning untuk SMA/MA yang telah diuji validitas dan praktikalitas, namun belum diuji efektivitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan e-modul sistem koloid berbasis discovery learning terhadap hasil belajar siswa SMA/MA. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Design menggunakan desain One Group Pretest-Posttest. Populasi terdiri dari siswa kelas XI IPA SMA N 8 Padang tahun ajaran 2021/2022 dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik pengambilan sampel yakni sampling jenuh, dimana seluruh populasi dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah tes dalam bentuk pilihan berganda dengan validitas, reliabilitas, indeks kesukaran soal dan daya pembeda soal memiliki kriteria baik. Tingkat evektiitas e-modul berbasis discovery learning pada materi koloid ini diketahui melalui uji n-gain. Hasil analisis n-gain kelas sampel diperoleh yakni nila g = 0,76 dengan kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan e-modul sistem koloid berbasis discovery learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar SMA/MA.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | EFEKTIVITAS E-MODUL MATERI SISTEM KOLOID | ||||||||||||
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QD Chemistry |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Arlianis | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2023 08:04 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Nov 2023 08:06 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48106 |
Actions (login required)
View Item |