Rahmadhani, Tika (2023) Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri Binaan Khusus Dumai Riau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_4_TIKA_RAHMADHANI_18058163_1864_2023.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Disiplin belajar merupakan bentuk kepatuhan siswa dalam menaati peraturan yang telah ditetapkan dengan tujuan agar siswa dapat diandalkan dalam segala hal. Disiplin belajar juga dapat mementuk siswa dengan kepribadian yang lebih baik karna ada peraturan yang mewajibkan siswa menaatinya. Jika tidak menaatinya akan diberi sanksi sesuai dengan pelanggaran yang dilakukannya. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi disiplin belajar siswa yaitu interaksi teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat hubungan yang signifikan antara Interaksi teman sebaya dengan disiplin belajar siswa kelas XI SMA Negeri Binaan Khusus Dumai Riau. Penelitian ini menggunakan satu variabel bebas yaitu interaksi teman sebaya dan satu variabel terikat yaitu disiplin belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini berjumlah 287 orang siswa dan jumlah sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 74 siswa yang diambil dengan teknik proportionate random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar kuesioner dan dianalisis dengan teknik Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara interaksi teman sebaya dengan disiplin belajar yang memperoleh nilai korelasi rhitung -0,469 > rtabel 0,351 pada taraf signifikan 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima dan terletak antara 0,40 sampai dengan 0,599 dalam kategori hubungan sedang. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif dan signifikan antara interaksi teman sebaya dengan disiplin belajar, artinya semakin sering siswa berinteraksi dengan teman sebaya di SMA Negeri Binsus Dumai Riau maka semakin rendah disiplin belajar siswa begitupun sebaliknya jika semakin jarang siswa berinteraksi dengan teman sebaya maka disiplin belajar menjadi semakin meningkat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | HUBUNGAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA | ||||||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LC Special aspects of education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Arlianis | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2023 02:55 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Oct 2023 02:55 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47686 |
Actions (login required)
View Item |