Nanda, Deko Fitri
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Permainan Edukasi Engklek di Kelas VI SD Negeri 06 Kampung Pamsur Kabupaten Pesisir Selatan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah hasil belajar peserta didik yang rendah dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas VI sekolah dasar. Dimana hasil belajar yang diharapkan belum tercapai dengan persentase ketuntasan kelas ideal yaitu 75%. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan tentang peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pembelajaran tematik terpadu menggunakan permainan edukasi engklek dan mendeskripsikan tentang peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pembelajaran tematik terpadu menggunakan permainan edukasi engklek.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas, menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SDN 06 Kampung Pansur. Sumber data adalah proses kegiatan pembelajaran tematik terpadu menggunakan permainan edukasi engklek. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada : a) RPP pada siklus I memperoleh rata-rata 94,3% (SB), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 97,7% dengan (SB), b) aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata- rata 80% (B), meningkat pada siklus II memperoleh persen
tase 95% (SB), c) aktivitas peserta didik siklus I memperoleh rata-rata rata-rata 80% (B), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 95% (SB), dan d) hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 72,4 (C),
meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 80,3 (B). Dari hasil penelitian
yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik terpadu menggunakan permainan edukasi engklek dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI SDN 06 Kampung Pansur
Actions (login required)
|
View Item |