Putri, Septi Zekira Adsi
(2023)
Efektivitas Kemampuan Pembelajaran Bangun
Datar Melalui Media Tangram untuk Siswa Tunadaksa Kelas IX di SLBN 1 Linggo Sari Baganti.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang peneliti temukan di SLBN 1 Linggo Sari Baganti, seorang anak tunadaksa kelas IX belum mampu mengenal 5 bangun datar. Berdasarkan hal tersebut anak perlu diberikan media untuk mendukung pembelajaran siswa. Media tangram adalah media yang memiliki 7 kepingan bangun datar dan berbentuk benda konkrit dengan beragam warna, sehingga anak merasa tertarik dan mudah dalam memahami pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah media tangram efektif dalam meningkatkan pelajaran bangun datar untuk siswa tunadaksa kelas IX.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dalam bentuk
Single Subject Research (SSR). Eksperimen SSR adalah analisis data bertumpu pada subjek secara individual. Dengan desain A-B-A atau reversal design dengan tiga tahap yaitu kondisi baseline pertama (Al), intervensi (B), dan baseline kedua (A2). Kondisi baseline (Al) dilaksanakan pengamatan sebanyak 4 kali, kondisi intervensi (B) dilaksanakan sebanyak 8 kali, dan kondisi baseline (A2) dilaksanakan sebanyak 4 kali. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa tes dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis visual grafik.
Dari pengamatan yang dilakukan, kondisi baseline Al diperoleh hasil 0%,
0%, 0%, 0%. Pada kondisi intervensi B didapatkan hasil 25%, 30%, 45%, 55%,65%, 70%, 70%, 70%. Sedangkan kondisi baseline A2 diperoleh hasil 75%, 85%,
85%, 85%. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian menunjukkan kemampuan mengenal bentuk bangun datar meningkat setelah menggunakan
media tangram pada anak tunadaksa. Media tangram efektif digunakan dalam
pembelajaran bangun datar.
Actions (login required)
|
View Item |