Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Saintisfik di Kelas II SDN 08 Tabek Panjang, Kecamatan Baso

Mukramah, Nurul (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Saintisfik di Kelas II SDN 08 Tabek Panjang, Kecamatan Baso. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_Nurul_Mukramah_17129066_1645_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas II. Hal ini disebabkan peserta didik belum kritis dalam menyelesaikan masalah, peserta didik belum kreatif dalam menemukan alternatif pemecahan masalah dalam pembelajaran sedangkan guru yang lebih aktif dari pada peserta didik yang sering kita kenal Teacher Center serta guru belum menggunakan prinsip belajara sambil bermain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimanakah peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan Saintisfik Di Kelas II SDN 08 Tabek Panjang Kecamatan Baso. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas II SDN Tabek Panjang Kecamatan Baso, yang terdiri dari 13 orang peserta didik. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada masing-masing siklus terdiri dari perencanaa, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II, pada perencanaan pembelajaran, RPP siklus I memperoleh rata-rata 84,7% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 94,4% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II. Aktivitas guru siklus I 81,9% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 92,8% dengan kualifikasi sangan baik. Pada aktivitas peserta didik siklus I diperoleh 79,1% dengan kualifikasi baik menjadi 92,8% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 72,5% dengan kualifikasi cukup meningkat menjadi 84,6 pada siklus II dengan kualifikasi baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Pendektan Saintifik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas II SDN 08 Tabek Panjang Kecamatan Baso.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEliyasni, RifdaUNSPECIFIED
CorrectorFarida, S, Farida, SUNSPECIFIED
CorrectorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:36
Last Modified: 12 Oct 2023 08:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47277

Actions (login required)

View Item View Item