Sumekar, Agung
(2023)
Meningkatkan Keterampilan Membuat Manisan Pepaya Melalui Metode Proyek Bagi Anak Tunarungu
( Classroom Action Research Kelas VIIdi SLB Negeri 2 Pariaman).
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB N 2 Pariaman pada dua siswa tunarungu kelas VII mengalami kendala dalam keterampilan membuat manisan pepaya.Dalam proses membuat manisan pepaya, guru menggunakan metode demonstrasi dan ceramah sehingga sulit untuk dimengerti anak. Peneliti tertarik untuk membantu mengatasi permasalahan dengan membuat manisan pepaya melalui metode proyek yaitu suatu rencana pelaksanaan proses pembuatan manisan pepaya dibuat oleh peneliti sehingga membuat anak lebih aktif.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan tatap muka dan setiap pembelajaran dilakukan evaluasi. Siklus yang dilaksanakan dalam beberapa tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses pembelajaran membuat manisan pepaya pada anak tunarungu kelas VII menggunakan metode proyek. 2) hasilpembelajaran membuat manisan pepaya anak tunarungu kelas VII dalam membuat Manisan pepaya meningkat melalui metode proyek. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran melalui metode proyekdapat meningkatkan keterampilan membuat Manisan pepaya.
Actions (login required)
|
View Item |