Martatila, Martatila
(2022)
Meningkatkan Keterampilan Menyetrika Pakaian Melalui Multi
Metode Bagi Anak Tunagrahita Ringan (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VIII C SLBN Sungai Penuh).
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di
SLBN Sungai Penuh. Peneliti menemukan dua orang siswa tunagrahita ringan
yang belum mampu menyetrika pakaian dengan benar di dalam pembelajaran
yang menggunakan metode ceramah. Berdasarkan permasalahan maka untuk
meningkatkan Keterampilan Menyetrika Pakaian Melalui Multi Metode Bagi
Anak Tunagrahita Ringan (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VIII C SLBN
Sungai Penuh).
Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang
dilaksanakan dalam satu siklus sebanyak enam kali pertemuan yang terdiri
dari perencanaan, tindakan, observasi dan rekfleksi. Penelitian ini dilakukan
pada tanggal 2, 4, 9, 11, 16 dan 18 Juni 2022, setiap pertemuan berdurasi 1 x 30
menit. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru tata kelas yang
bertindak sebagai pengamat, dan peneliti sebagai pemberi tindakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kemampuan siswa pada kondisi
awal adalah Af 50 dan Ma 41, 67. Setelah dilakukan tindakan, nilai kemampuan siswa
terus mengalami peningkatan, Ma memperoleh nilai 90 dan Af 92,5 dengan hasil
setrikaan yang sudah licin dan rapi. Hal tersebut menunjukkan bahwa Multi Metode
dapat meningkatkan Keterampilan Menyetrika pakaian bagi siswa Tunagrahita Ringan
kelas VIII/C SLBN Sungai Penuh.
Actions (login required)
|
View Item |