Abelda, David (2023) Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Kemampuan Berpikir Spasial dalam Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_1_DAVID_ABELDA_19045062_4475_2023.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
puan berpikir spasial siswa, kemudian mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan kemampuan berpikir spasial siswa kelas XI.F pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Kota Pariaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah korelasi atau hubungan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI.F yang dipilih dengan menggunakan teknik Proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi Product Momen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar kelas XI.F pada mata pelajaran geografi tergolong sedang, dibuktikan dari nilai rata-ratanya sebesar 2,50. Kemampuan berpikir spasial siswa XI.F pada mata pelajaran geografi termasuk dalam kategori cukup, dibuktikan dari nilai rata-ratanya sebesar 52,50. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan kemampuan berpikir spasial siswa XI.F pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Pariaman. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan statistik korelasi Product Moment sebesar 0,525
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL | ||||||||||||
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LC Special aspects of education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Arlianis | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Sep 2023 02:16 | ||||||||||||
Last Modified: | 22 Sep 2023 02:16 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/46850 |
Actions (login required)
View Item |