Hasbi, Syaiful
(2022)
Pengembangan Bahan Ajar Berupa Handout Sejarah pada Materi Strategi Perlawanan Bangsa Indonesia Terhadap Penjajahan Bangsa Eropa Untuk SMA Kelas XI.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan tahapan pengembangan handout mata pelajaran sejarah Indonesia. (2) Mendeskripsikan kelayakan (kevalidan) handout mata pelajaran sejarah Indonesia.Pembelajaran sejarah saat ini menuntut peserta didik untuk memiliki sumber bacaan yang materinya lengkap dan mudah dipahami. Mengacu pada tuntutan ini sangat berbeda bila dilihat pada kondisi nyata di lapangan. Berdasarkan observasi awal peneliti di lapangan, belum semunya guru menjadikan handout sebagai bahan ajar untuk peserta didik, masih terdapat beberapa peserta didik yang menggunakan buku paket dan LKS sebagai sumber bacaanya.
Penelitian ini merupakan penelitian jenis penelitian research and development (R&D). Model yang digunakan yaitu model ADDIE yang terdiri dari, analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. N amun dalam penelitian ini hanya analisis, perancangan dan pengembangan (ADD) saja yang diterapkan. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan angket validasi berupa skala likert,
Hasil penelitian ini yaitu (1) Pembuatan produk diawali dengan analisis kebutuhan dari sisi peserta didik, guru dan kurikulum, (2) Penyusunan materi berawal dari kegiatan elaborasi berbagai sumber yang mengedepankan fakta, konsep dan prinsip untuk menyusun materi mengenai Perlawanan Banten (3) Skor rerata hasil validasi materi mendapat skor 3 .40 dengan tingkat kelayakan sangat layak, (4) Skor validasi ahli bahan ajar (handout)adalah 2,68 (cukup layak).
Actions (login required)
|
View Item |