Azra, Fadhil
(2023)
Tinjauan Promosi pada Siti Nurbaya Food untuk
Meningkatkan Penjualan.
Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Siti Nurbaya Food merupakan UMKM yang bergerak dibidang kuliner
yang memproduksi aneka rendang dan dendeng daging sapi yang dipasarkan
secara online maupun offline. Diketahui Siti Nurbaya Food mengalami
ketidakstabilan penjualan pada usahanya. Salah satu cara untuk menstabilkan dan
meningkatkan penjualan adalah dengan melakukan promosi, semakin baik
promosi yang dilakukan, kemungkinan peningkatan penjualan juga semakin besar.
Penelitian ini bertujuan untuk meninjau promosi yang dilakukan oleh Siti Nurbaya
Food dalam menjalankan usahanya untuk meningkatkan jumlah penjualan.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu
merupakan metode yang bertujuan untuk menggambarkan secara utuh serta
mendalam mengenai realitas sosial serta bermacam fenomena yang terjadi pada
masyarakat yang menjadi subjek penelitian, sehingga secara rinci tergambarkan
karakteristik, kepribadian, watak, serta model dari fenomena yang diteliti tersebut.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan
wawancara. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan
data sekunder.
Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan pada Siti Nurbaya Food
mengenai Tinjauan Promosi Pada Siti Nurbaya Food Untuk Meningkatkan
Penjualan, peneliti dapat menyimpulkan bahwa dari 5 jenis promosi, terdapat 3
jenis promosi yang dilakukan oleh Siti Nurbaya Food pada tahun 2022. Promosi
tersebut berupa periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion),
dan hubungan masyarakat (public relations). Namun, masih kurang maksimal
dalam hal penerapannya sehingga penjualan perusahaan tidak stabil. Siti Nurbaya
Food tidak menggunakan 2 jenis promosi lain yaitu penjualan perseorangan
(personal selling) dan pemasaran langsung (direct marketing) karena kurang nya
SDM untuk melakukan jenis promosi tersebut. Dari beberapa variabel promosi
tersebut bisa diamati kegiatan promosi untuk meningkatkan penjualan pada Siti
Nurbaya Food.
Actions (login required)
|
View Item |