Yogi, Ahmad Alfarid Pra
(2022)
Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Menggunakan Google Classroom di SMA Negeri 3 Tebo.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dirasakan guru dan siswa saat melaksanakan pembelajaran menggunakan GoogleClassroom di SMAN 3 Tebo. Guru butuh waktu yang lebih lama untuk mempersiapkan pembelajaran menggunakan Google Classroom. Siswa banyak yang tidak hadir dibanding pembelajaran tatap muka serta beberapa siswa membuka aplikasi lain selain Google Classroom sehingga tidak fokus ke pembelajaran yang sedang berlangsung. Pembelajaran kurang aktif, hanya sedikit murid yang mampu menjawab pertanyaan guru karena komunikasi antara guru dan siswa di Google Class roomt erbatas. Tujuan penelitian ini adalah menganalsis pelaksanaan pembelajaran sejarah menggunakan Google Classroom di SMA Negeri3 Tebo.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini berasal dari guru sejarah dan beberapa peserta didik SMA Negeri 3 Tebo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan cara yaitu pengumpulan data, reduksidata, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan.
Hasil penelitian menyatakan bahwa perencanaan pelaksanaan pembelajaran sejarah menggunakan Google Classroom di SMA Negeri 3 Tebo meliputi; a) pada kegiatan perencanaan, guru menyiapkan RPP dan media pembelajaran; b) pada pelaksanaan pembelajaran, 3 kegiatan yang dilakukan yaitu;1) kegiatan pembuka, 2) kegiatan inti, 3) kegiatan penutup; c) pelaksanaan kegiatan pembuka dan kegiatan inti berbeda dengan perencanaan. Namun pada kegiatan penutup dan evaluasi pembelajaran, guru sudah melaksanakannya sesuai dengan perencanaan.
Actions (login required)
|
View Item |