Fejerina, Atika
(2022)
Pengaruh Penerapan Sistem Zonasi Terhadap Hasil Belajar Geografi di SMA Negeri 7 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penerapan sistem zonasi pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 7 Padang Tahun Pelajaran 2020/2021 (2) Mengetahui tingkat hasil belajar siswa kelas XI JPS SMA Negeri 7 Padang Tahun Pelajaran 2020/2021 yang terkena dampak penerapan sistem zonasi(3) Mengetahui ada atau tidak pengaruh dari penerapan sistem zonasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 7 Padang Tahun Pelajaran 2020/2021 Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dan kualitatif (mixmethod), subjek penelitian ini ada siswa kelas XII PS SMA Negeri 7 Padang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu offline dengan menggunakan angket kertas,dibagikan lansung kepada siswa,serta melalui wawancara dengan panitia pelaksanaan PPDB online. Teknik sampling menggunakan random sampling, dengan jumlah sampel yaitu sebanyak 60 siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan sistem zonasi yang menjadi sampel penelitian mayoritas dalam kategori cukup kuat (28%). 2) tingkat hasil belajar peserta didik kelas XI JPS SMA Negeri 7 Padang Tahun Pelajaran 2020/2021 dalam kategori Lemah (38%).3) ada pengaruh yang signifikan penerapan sistem zonasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri7 Padang Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana diperoleha
=60,164danb=0,398,jadi Y=60,164+0,398X.maka dapat disimpul kan bahwa variabel X memiliki pengaruh terhadap variabel Y.Jika nilai Sig.lebih kecil dari a =0,0 5 maka dapat dikatakan signifikan. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai Sig.= 0,009 0,05 sehingga dapat dikatakan signifikan.Pengaruh variabel sistem zonasi bisa menjelaskan variabel hasil belajar sebesar 11,2%.
Actions (login required)
|
View Item |