Viola, Firdha Okta
(2023)
Pengembangan Media Interaktif Articulate Storyline
3 Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik
Terpadu di Kelas V SDN Gugus 3 Kecamatan Sitiung Dharmasraya.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang tersedianya media pembelajaran
pada pembelajaran tematik terpadu yang berbasis teknologi di sekolah. Media
pembelajaran yang digunakan guru cenderung media gambar terbuat dari kertas dan
gambar pajangan di ruang kelas. Salah satu media berbasis teknologi adalah
Articulate Storyline 3 yang didesain semanarik mungkin dengan dilengkapi audio,
gambar, video, games dan kuis yang bertujuan agar peserta didik termotivasi dan
terlibat aktif dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media
interaktif Articulate Storyline 3 berbasis model PBL pada pembelajaran tematik
terpadu di kelas V SD yang valid dan praktis.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model
ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analysis, design, development,
implementation and evaluation. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi
dan angket respon. Lembar validasi terdiri lembar validasi materi, validasi media,
dan validasi bahasa. Angket respon terdiri dari angket respon guru dan peserta
didik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 20 orang peserta didik di kelas V
SDN 04 Sitiung dan subjek penyebaran media interaktif ini terdiri dari 22 orang
peserta didik di kelas V SDN 20 Sitiung.
Hasil penelitian pengembangan media interaktif Articulate Storyline 3
berbasis model PBL yang dikembangkan telah divalidasi dinyatakan sangat valid
dengan rata-rata penilaian validator 92,6%. Berdasarkan hasil angket respon guru
dan peserta didik di SDN 04 Sitiung dapat diketahui bahwa media interaktif sangat
praktis dengan hasil persentase kepraktisan 95,83%, dan 93,12%. Selanjutnya hasil
angket respon guru dan peserta didik di SDN 20 Sitiung menunjukkan hasil
persentase kepraktisan 93,75% dan 94,50% dengan kategori sangat praktis. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa media interaktif Articulate Storyline 3 berbasis
model PBL pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD telah dinyatakan valid
dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |