Awalia, Hartisa
(2023)
Pelaksanaan Pembelajaran Ansambel Campuran dalam Mata Pelajaran Seni Budaya di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 8 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pelaksanaan Pembelajaran Ansambel Campuran dalam mata pelajaran Seni Budaya di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 8 Padang. Jenispenelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Objek yang diteliti yaitu siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 8 Padang.Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis kerja dan handphone. Teknik pengumpulan data berupa studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian ada 4 tahapan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan, dan laporan bentuk skripsi.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran ansambel campuran dalam mata pelajaran seni budaya dikelas XI IPS 3 kurang berjalan dengan baik dikarenakan kurangnya kedisiplinan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran, walaupun persiapan materi pembelajaran sudah sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat guru, pembelajaran tetap kurang maksimal dikarenakan faktor kurangnya keseriusan siswa, dan juga terdapat faktor lain seperti terbatasnya insrumen di sekolah, serta banyaknya siswa yang tidak memiliki instrumen pribadi yang membuat proses pembelajaran terhambat.
Actions (login required)
|
View Item |