Wahyudi, Imam
(2022)
Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Web Pada Mata Pelajaran
Bahasa Inggris Kelas VII SMP.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian inii dilatar.belakangi dengan pentingnya..penggunaan sumber belajar berbasis website sebagai upaya meningkatkan efektifitas efisien dalam proses pembelajaran. Pembelajaran selama ini belum terlaksana secara optimal dan sumber belajar yang kurang memadai dalam belajar menjadi kendala..dalam pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah. Maka dari itu..dibutuhkan sumber belajar yang dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan optimal. Tujuan penelitian ini yaitu..untuk mengembangkan sumber belajar. Menggunakan..Google site.dengan materi self introduction yang layak dan praktis digunakan dalam proses belajar.
Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan yang dilaksanakan di SMPN 16 Kota Padang dengan sampel penelitian yaitu siswa sebanyak 20 orang di kelas..Model yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pda model 4D ( four-D ). dengan tahapan 4 tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate.
Hasil penelitian dari menunjukkan bahwa (1) Kesesuaian materi pembelajaran yang diuji oleh validator materi mendapatkan rata-rata sebesar 5 dengan kategori materi “sangat sesuai”. (2) Kelayakan media yang diuji oleh validator media mendapatkan rata-rata keseluruhan sebesar 4,83 dengan kategori media “sangat layak”. (3) Uji kepraktisan media pembelajaran oleh siswa mendapatkan presentase sebesar “94,5%” dengan kategori “sangat praktis”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan Google site.pada pembelajaran Bahasa Inggris kelas VII di SMP layak untuk digunakan sebagai sumber belajar pada kegiatan pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |