Millenia, Millenia
(2023)
Hubungan Locus of Control dengan Kematangan Karier pada
Siswa dengan Hasil Belajar Rendah.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kematangan karier dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya locus
of control atau pusat kendali. Apabila siswa memiliki locus of control internal yang
tinggi, maka siswa akan merasa yakin akan kemampuan dan usaha yang
dilakukannya. Kenyataannya masih ada siswa yang kurang yakin dengan
kemampuan dan usaha yang dilakukannya dan lebih mempercayai nasib dan
bantuan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) locus of
control pada siswa dengan hasil belajar rendah, (2) kematangan karier pada siswa
dengan hasil belajar rendah, dan (3) hubungan antara locus of control dengan
kematangan karier pada siswa dengan hasil belajar rendah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-korelasional. Subjek
penelitian berjumlah 74 orang siswa dengan hasil belajar rendah di SMK Negeri 3
Tebo. Instrumen penelitian yang digunakan adalah inventori locus of control dan
angket kematangan karier. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik
persentase dan untuk melihat hubungan locus of control dan kematangan karier data
diolah dengan menggunakan analisis Pearson Product Moment Correlation.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) banyak (47,24%) siswa
dengan hasil belajar rendah memiliki locus of control internal, yang berarti banyak
siswa dengan hasil belajar rendah lebih percaya pada kemampuan yang mereka
miliki dan upaya yang mereka lakukan, (2) rata-rata skor capaian kematangan karier
siswa dengan hasil belajar rendah adalah 152,8 (67,91%) yang tergolong tinggi, dan
(3) terdapat hubungan antara locus of control dengan kematangan karier pada siswa
dengan hasil belajar rendah dengan koefisien korelasi sebesar -0,311 yang
tergolong lemah dan pada taraf kepercayaan 95%. Artinya semakin tinggi locus of
control siswa dengan hasil belajar rendah maka semakin rendah kematangan karier
siswa. Berdasarkan temuan penelitian ini, disarankan: (1) guru BK, untuk
merencanakan, menyusun dan mengembangkan program BK terkait peningkatan
kematangan karier siswa dan locus of control internal siswa, dan (2) peneliti
selanjutnya disarankan meneliti kematangan karier dengan konsep diri, jenis
kelamin, dan latar belakang budaya dengan subjek penelitian pada siswa SMA yang
memiliki hasil belajar tinggi.
Actions (login required)
|
View Item |