Dinant, Syaza Putri
(2023)
Pengembangan Teka-Teki Silang Online Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Hidrokarbon Kelas XI SMA/MA.
Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.
Abstract
Hidrokarbon merupakan materi kimia yang dipelajari di kelas XI SMA. Materi ini cukup padat, maka diperlukan latihan untuk pemantapan konsep. Hasil penyebaran angket diketahui, 98% peserta didik menyukai latihan dalam bentuk permainan. Salah satunya adalah permainan teka-teki silang. Permainan ini dapat memberikan efek menyegarkan ingatan, sehingga fungsi kerja otak optimal dan daya ingat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan teka-teki silang online sebagai salah satu alternatif latihan yang dapat digunakan sebagai pemantapan konsep serta menentukan kevalidan dan tingkat kepraktisan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau reseach and development (R&D). Penelitian ini dirancang menggunakan model pengembangan plomp yang dibatasi sampai tahap prototipe III uji praktikalitas small group. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah
dosen kimia UNP, guru kimia, dan peserta didik. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen lembar validasi, lembar wawancara one to one evaluation, dan angket praktikalitas. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan tabel Aiken’s V untuk uji validasi dan rumus presentase untuk uji praktikalitas. Berdasarkan hasil analisis validasi didapatkan permainan teka-teki silang online pada materi hidrokarbon yang dikembangkan telah valid, dengan nilai
validasi konten 0,91 dan validasi konstruk 0,87. Hasil analisis praktikalitas menunjukkan media permainan yang dikembangkan sangat praktis, dengan respon guru presentasenya sebesar 83%, dan respon peserta didik presentasenya sebesar 86%.
Actions (login required)
|
View Item |