Lestari, Mutiara Ayu
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam
Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model
Kooperatif Tipe Group Investigation di Kelas IV SDN
01 Sarilamak Lima Puluh Kota.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
01 Sarilamak Lima Puluh Kota
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih
rendah, hal ini terlihat pada guru kurang memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk berpartisipasi aktif dalam menemukan permasalahan-permasalahan
yang sedang dipelajari yang mengakibatkan peserta didik masih kurang
berinisiatif kreatif dan aktif dalam proses pembelajaran, pembelajaran masih
berpusat kepada guru serta guru belum mengorganisasikan peserta didik secara
heterogen, mengakibatkan peserta didik malu mengeluarkan pendapat yang
seharusnya bisa dikembangkan dan peserta didik lebih mengutamakan diri sendiri
dari pada bekerja sama dengan temannya, sehingga hasil belajar peserta didik
rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil
Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan
Model Kooperatif Tipe Group Investigation.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan
menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan
dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2x pertemuan dan
siklus II terdiri dari 1x pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
berupa observasi, tes dan non tes. Data dari penelitian diperoleh dari penelitian
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Proses Pelaksanaan, dan Hasil belajar.
Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik berjumlah 16 orang yang
terdiri dari 7 orang laki-laki dan 9 orang perempuan.
Hasil penelitian siklus I: a) RPP rata-rata 81,81% dengan kualifikasi baik
(B) dan siklus II 93,18% dengan kualifikasi sangat baik (SB), b) Pelaksanaan
aktivitas guru siklus I rata-rata 81,25% dengan kualifikasi baik (B) dan siklus II
93,75% dengan kualifikasi (SB), sedangkan pelaksanaan aktivitas peserta didik
siklus I rata-rata 81,25% dengan kualifikasi baik (B), dan siklus II 93,75% dengan
kualifikasi sangat baik (SB), c) Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada
siklus I diperoleh rata-rata 75,65 dengan kualifikasi cukup (C) dan siklus II ratarata
90,2 dengan kualifikasi sangat baik (SB). Berdasarkan hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa model group investigation dapat meningkatkan hasil belajar
peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar.
Actions (login required)
|
View Item |