Amevi, Winda Putri
(2023)
Hubungan Self Compassion dengan Kecemasan
Akademik pada Era New Normal di SMAN 1 Tualang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kecemasan akademik merupakan masalah yang dapat mempengaruhi
siswa pada era new normal saat ini. kecemasan akademik adalah pikiran,
perasaan, dalam diri individu yang berisikan ketakutan dan ketegangan akan
bahaya dan ancaman dimasa datang tanpa sebab khusus dari lingkungan akademik
yang mengakibatkan terganggunya pola pikir, respon fisik, perilaku, sebagai hasil
dari tekanan pelaksanaan tugas dan aktivitas yang beragam dari situasi akademik.
Salah satu faktor yang mempengaruhi kecemasan akademik siswa adalah self
compassion. Adanya self compassion pada diri siswa ini mampu mengurangi
kecemasan akademik melalui cara penerimaan diri dengan penuh rasa kasih
sayang serta tidak menghakimi kekurangan yang dimiliki dalam diri dan
menanggapi kekurangan tersebut dengan pandangan pikiran positif. Penelitian ini
bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan gambaran self compassion siswa, (2)
mendeskripsikan gambaran kecemasan akademik siswa, (3) menguji hubungan
antara self compassion dengan kecemasan akademik siswa di SMAN 1 Tualang.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam
penelitian ini sebanyak 1.138 orang siswa yang terdaftar pada tahun ajaran
2021/2022 dengan sampel sebanyak 296 orang, yang dipilih dengan teknik
Stratified Random Sampling. Proses pengumpulan data penelitian ini
menggunakan angket self compassion dan angket kecemasan akademik siswa
dengan model Skala Likert. Data diolah menggunakan teknik analisis deskriptif
dan untuk menguji hubungan data dianalisis menggunakan rumus Pearson
Product Moment dengan program Statistical Product Service Solution (SPSS)
version 22.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) rendahnya bentuk
penerimaan diri dengan penuh rasa kasih sayang siswa di SMAN 1 Tualang
dengan persentase 53,7%, (2) tingginya bentuk ketakutan dan ketegangan akan
bahaya dan ancaman dimasa datang tanpa sebab khusus dari lingkungan akademik
siswa di SMAN 1 Tualang dengan persentase 67,2%, (3) terdapat hubungan yang
negatif dan signifikan antara self compassion dengan kecemasan akademik siswa
di SMAN 1 Tualang dengan korelasi -0,422 dan tingkat penerimaan diri siswa,
serta perasaan kecemasan siswa dari lingkungan akademik tersebut berada pada
kategori sedang dengan signifikansi 0,000.
Actions (login required)
|
View Item |