Amra, Wahyu Septina Rada
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Tematik
Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 12
Gunung Malelo Pesisir Selatan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil belajar peserta didik pada pembelajaran
tematik terpadu yang masih rendah. hal ini terlihat saat memulai pembelajaran guru
langsung masuk ke topik pembelajaran. Sehingga hasil belajar peserta didik belum
mencapai kompetensi yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu
menggunakan model Problem Based Learning di kelas V SDN 12 Gunung Malelo
Pesisir Selatan.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah
guru dan peserta didik dengan jumlah 20 orang yang terdiri dari 11 orang laki-laki
dan 9 orang perempuan kelas V SDN 12 Gunung Malelo Pesisir Selatan, peneliti
sebagai praktisi dan guru kelas sebagai observer, penelitian ini di laksanakan
sebanyak II siklus dengan prosedur penelitian terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian pada siklus I dalam hasil pengamatan RPP memperoleh
rata-rata 81,94% (B) dan meningkat pada siklus II 94,44% (SB). Pada hasil
pengamatan aktifitas guru siklus I dengan rata-rata 85,71% (B) dan meningkat pada
siklus II 96,42% (SB). Sedangkan pada hasil pengamatan aktifitas peserta didik
siklus I memperoleh nilai rata-rata 85,71% (B) dan meningkat pada siklus II 96,42%
(SB). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning
(PBL) dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu kelas V SDN 12 Gunung
Malelo Pesisir Selatan.
Actions (login required)
|
View Item |