Agustia, Yolanda
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada
Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan
Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head
Together (NHT) di Kelas V SD Negeri 23 Koto
Tuo Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten
Tanah Datar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik
pada pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dikarenakan kurang optimalnya
pemanfaatan model dan pembelajaran inovatif oleh guru yaitu pembelajaran
masih berpusat pada guru sehingga reaksi peserta didik cenderung pasif dan
kurang berminat dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini secara umum untuk
mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran tematik terpadu menggunakan
model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) di kelas V SD
Negeri 23 Koto Tuo Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari II pertemuan dan siklus II
terdiri dari I pertemuan. Pada setiap siklus meliputi empat tahap, yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah
guru dan peserta didik di kelas V SD Negeri 23 Koto Tuo Kecamatan Sungai
Tarab Kabupaten Tanah Datar yang berjumlah 16 orang peserta didik yang
diantaranya 10 orang peserta didik laki-laki dan 6 orang peserta didik perempuan.
Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dilihat dari aspek
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di siklus I diperoleh rata-rata skor 85% (Baik)
dan pada siklus II diperoleh skor 94,44% (Sangat Baik). Pelaksanaan
pembelajaran pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata yaitu 84,3% (Baik), dan
pada siklus II meningkat menjadi 93,75% (Sangat Baik). Aspek peserta didik pada
siklus I diperoleh rata-rata yaitu 84,3% (Baik), dan pada siklus II meningkat
menjadi 93,75% (Sangat Baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh
rata-rata 83,5 (Baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 90,6 (Baik). Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Learning tipe Numbered
Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Actions (login required)
|
View Item |