Sari, Dewa Dela
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada
Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Koperatif Tipe Two
Stay Two Stray Berbantuan Media Wordwall Di Kelas V SDN 10 Bandar Buat
Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh masalah hasil belajar peserta didik
yang masih rendah dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah dasar.
Dimana saat melakukan pembelajaran, jarang sekali guru menggunakan model
dan media pembelajaran. Sebaliknya, guru cenderung memberikan penjelasan
kepada peserta didik secara dominan. Akibatnya, hal ini mempengaruhi hasil
belajar peserta didik yang kurang aktif dan tidak terlihat partisipasi dalam proses
pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil
belajar pesrta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model
kooperatif tipe two stay two stray berbantuan media wordwall di kelas V SDN 10
Bandar Buat Kota Padang.
Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif sesuai
dengan penelitian tindakan kelas. Dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiga kali
pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 10 Bandar Buat Kota
Padang dengan berjumlah 24 orang peserta didik yang terdiri dari 13 orang lakilaki
dan
11 orang
perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: a) RPP pada
siklus I memperoleh rata-rata 90,91% (B), meningkat pada siklus II memperoleh
persentase 95,45% (SB), b) aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata
83,75% (B), meningkat pada siklus II memperoleh persentase 95% (SB), c)
aktivitas peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 83,75% (B), meningkat pada
siklus II memperoleh persentase 95% (SB), dan d) hasil belajar peserta didik pada
siklus I diperoleh nilai rata-rata 77,41 (C), meningkat pada siklus II diperoleh nilai
rata-rata 93,23 (SB). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model
kooperatif tipe two stay two stray berbantuan media wordwall dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di
kelas V SDN 10 Bandar Buat Kota Padang.
Actions (login required)
|
View Item |