Permana, Ayu Intan
(2023)
Pengaruh Games Cerita
Sains Bergambar Terintegrasi Kearifan Lokal Minangkabau Berbasis
Aplikasi Android terhadap Sains di Taman Kanak-Kanak Payakumbuh.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Temuan awal penelitian didapatkan bahwa keterampilan proses sains anak
masih rendah dan berada pada kategori belum berkembang. Dalam
mengobservasi, masih banyak anak yang belum mampu menggunakan semua
panca inderanya untuk mengenali proses sains. Dalam keterampilan mengukur,
anak-anak belum mampu melakukan pengukuran secara tepat dalam proses sains.
Dalam keterampilan membandingkan, anak-anak juga banyak yang belum mampu
membedakan dan melihat persamaan dalam proses sains. Dalam
mengklasifikasikan sifat dan bentuk benda pada proses sains, anak belum bisa
membedakan benda padat, benda gas dan benda cair. Dalam aspek
mengkomunikasikan, anak belum mampu menceritakan proses sains yang telah
dilakukan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)
Pengaruh Games Cerita Sains Bergambar Terintegrasi Kearifan Lokal
Minangkabau Berbasis Aplikasi Android terhadap Sains di Taman Kanak-Kanak
Al Huffazh Payakumbuh, 2) Pengaruh Games Cerita Sains Bergambar
Terintegrasi Kearifan Lokal Minangkabau Berbasis Aplikasi Android terhadap
Sains di Taman Kanak-Kanak Ar-Rasyid Payakumbuh.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen
murni (True Experimental). Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia dini di
Taman Kanak-Kanak Al Huffazh dan Taman Kanak-Kanak Ar-Rasyid
Payakumbuh. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling
dengan mengambil kelas B1 dan B2 yang berjumlah 58 orang. Instrumen dalam
penelitian ini adalah lembar observasi keterampilan proses sains. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan
penilaian keterampilan proses sains. Teknik analisis data dilakukan dengan
menggunakan uji T
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat Pengaruh Games Cerita
Sains Bergambar Terintegrasi Kearifan Lokal Minangkabau Berbasis Aplikasi
Android terhadap Sains di Taman Kanak-Kanak Al Huffazh Payakumbuh. Hal ini
dibuktikan dengan nilai t-hitung keterampilan proses sains kelas eksperimen dan
kontrol TK Al Huffazh Payakumbuh lebih besar dari pada t-tabel, 2) Terdapat
Pengaruh Games Cerita Sains Bergambar Terintegrasi Kearifan Lokal
Minangkabau Berbasis Aplikasi Android terhadap Sains di Taman Kanak-Kanak
Ar Rasyid Payakumbuh. Hal ini dibuktikan dengan nilai t-hitung keterampilan
proses sains kelas eksperimen dan kontrol TK Ar Rasyid Payakumbuh lebih besar
dari pada t-tabel.
Actions (login required)
|
View Item |