Edray, Auliya Einsrizkianne
(2023)
Pengembangan Media Pembelajaran
Berbasis Smart Apps Creator Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching
and Learning (CTL) Pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Di zaman saat ini, penggunaan teknologi menjadi sangat penting di dunia
pendidikan. Media pembelajaran yang pada awalnya berupa gambar atau benda
nyata lainnya, kini telah berkembang semakin canggih menggunakan perangkat
keras berupa laptop maupun handphone. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya
penggunaan media yang menarik, menyenangkan, dan mudah dipahami peserta
didik. Hal tersebut membuat peserta didik kesulitan dalam memahami materi serta
sering merasa bosan dan kurangnya motivasi belajar. Oleh karena itu,
diperlukannya media pembelajaran yang disesuaikan dengan minat peserta didik,
salah satunya dengan mengembangkan media pembelajaran Smart Apps Creator.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis
Smart Apps Creator pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD yang valid, praktis,
dan efektif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Research & Development
menggunakan model ADDIE yang memiliki lima tahapan, yaitu analysis
(analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation
(implementasi), dan evaluation (evaluasi). Data diperoleh berdasarkan angket
validasi ahli materi, ahli kebahasaan, dan ahli media, angket praktikalitas guru dan
peserta didik, serta uji efektivitas hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian ini
adalah peserta didik kelas IV SDN 05 Air Tawar Barat, Kota Padang.
Hasil uji validitas materi memperoleh hasil 94,4% dengan kategori sangat
valid. Hasil uji validitas ahli kebahasaan memperoleh hasil 100% dengan kategori
sangat valid. Hasil uji validitas ahli media memperoleh hasil 95% dengan kategori
sangat valid. Hasil uji praktikalitas respon guru memperoleh hasil 90% dengan
kategori sangat praktis. Hasil uji praktikalitas respon peserta didik memperoleh
hasil 92,5% dengan kategori sangat praktis. Hasil efektivitas memperoleh hasil
yang sangat efektif dengan persentase pertemuan pertama sebesar 85,16%,
kemudian pertemuan kedua diperoleh persentase yang meningkat sebesar 96,12%.
Dengan demikian disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Smart Apps
Creator Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)
pada pembelajaran IPAS Kelas IV BAB 7 topik A dan B tentang kebutuhan
manusia dan kegiatan jual beli telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif.
Actions (login required)
|
View Item |