Ayuni, Ayuni
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan dan Pengurangan
Berbeda Penyebut Berbasis Contextual Teaching and
Learning untuk Siswa Kelas V SDN 21 Batang Anai.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang
disebabkan oleh pembelajaran yang belum berpusat kepada siswa sehingga siswa
kurang terangsang untuk berpikir kritis dan materi yang disajikan belum
dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa.Salah satu upaya yang dapat
dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu menerapkan pendekatan
pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Tujuan dari penelitian ini
adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dengan menerapkan
pendekatan Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan
kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing
siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi
dan dokumentasi. Instrument penelitian ini menggunakan lembar observasi.
Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 21 Batang Anai yang berjumlah 17
orang.
Hasil penelitian menunjukkan 1) Hasil pengamatan RPP pada siklus I
dengan rata-rata 82,81% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 90,62%
pada siklus II dengan kualifikasi sangat cukup. 2) Pelaksanaan pembelajaran
aspek guru pada siklus I adalah 79,16% dengan kualifikasi cukup, meningkat
menjadi 94,44% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Aspek siswa pada
siklus I nilai yang diperoleh 79,16% dengan kualifikasi cukup, meningkat
menjadi 94,44% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. 3) Hasil belajar
siswa pada siklus I rata-rata 70,49 dengan kualifikasi cukup, meningkat pada
siklus II menjadi 90,22 dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and
Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran
matematika pada penjumlahan dan pengurangan pecahan berbeda penyebut di
kelas V SDN 21 Batang Anai.
Actions (login required)
|
View Item |