Pengaruh Financial Literacy dan Lingkungan Keluarga Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang

Nurianti J, Ika (2022) Pengaruh Financial Literacy dan Lingkungan Keluarga Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_IKA_NURIANTI_J_17053133_3834.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan fenomena yang mempengaruhi kehidupan masyarakat saat ini, yang cenderung menimbulkan biaya yang lebih tinggi karena tidak lagi hanya untuk memenuhi kebutuhan tetapi lebih mengarah pada pemenuhan keinginan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh financial literacy dan lingkungan keluarga terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pendidikan ekonomi universitas negeri padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggambarkan dan menerangkan suatu keadaan yang diteliti apa adanya. Teknik pengambilan data berupa angket. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : finansial literasi dan lingkungan keluarga secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif, finansial literasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif, lingkungan keluarga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Pengaruh Financial Literacy Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang memiliki kontribusi sebesar 58,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusanti, DessiUNSPECIFIED
CorrectorYulhendri, YulhendriUNSPECIFIED
CorrectorKurniawati, TriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Financial Literacy, Lingkungan Keluarga
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 24 Jul 2024 02:26
Last Modified: 24 Jul 2024 08:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44373

Actions (login required)

View Item View Item