Aprilia, Shelvi
(2023)
Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Giving
Question and Getting Answer (GQGA) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada
Materi Mitigasi Bencana Alam Kelas XI SMA Negeri 4 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa
terhadap pembelajaran Geografi dengan materi mitigasi bencana alam
menggunakan model pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting
Answer (GQGA) pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Padang.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pre-eksperimen dengan
rancangan penelitian menggunakan one group pretest-posttest design. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 4 Padang Tahun Ajaran
2020/2021 dengan jumlah 318 siswa. Pengambilan kelas sampel dilakukan
dengan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel yaitu terambil kelas XI
IIS 1. Pengumpulan data dilakukan menggunakan nilai tes berupa lembaran-
lembaran soal dengan teknik analisis inferensial non parametrik berupa Uji
Normalitas dan Uji Mann Whitney.
Berdasarkan hasil analisis data, pada taraf signifikan 0,05 dengan
melakukan uji-Mann Whitney diperoleh P-
Actions (login required)
|
View Item |