Putri, Aulia Rahma
(2023)
Karakteristik Struktur dan Kebahasaan Teks Berita
Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dua hal berikut. Pertama,
mendeskripsikan struktur teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Padang. Kedua,
mendeskripsikan kebahasaan teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuliatatif dengan menggunakan metode
deskriptif. Latar penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 24 Padang, tepatnya di kelas
VIII data dalam penelitian ini berupa teks berita dari sumber penelitian, yaitu teks
berita siswa yang berjumlah 30 teks. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam
penelitian ini adalah teknik pancing. Instrument penelitian ini adalah peneliti sendiri
dan instrument unjuk kerja berupa konteks menulis teks berita. Teknik pengabsahan
data pada penelitian ini adalah teknik deskriptif. Langkah-langkah penganalisisan
data adalah pertama, mengindetifikasi struktur dan kaidah kebahasaan jurnalistik.
Kedua, mengidentifikasi data sesuai dengan data acuan. Ketiga, melakukan analisis
pada data. Keempat, menginterprestasi data yang sudah dianalisis. Kelima,
menyimpulkan hasil deskripsi data dengan menulis laporan.
Hasil penelitian ini ada dua. Pertama, penulisan teks berita siswa kelas VIII
SMP Negeri 24 Padang ditinjau dari segi struktur teks berita berada pada kategori
kurang tepat. Hal tersebut dapat dibuktikan dari 30 teks berita siswa kelas VIII SMP
Negeri 24 Padang terdapat 26 teks berita yang memiliki judul yang tepat, 19 teks
berita yang memiliki kepala berita yang tepat, 24 teks berita yang memiliki tubuh
berita yang tepat, dan 30 teks berita yang memiliki ekor berita yang tepat. Kedua, jika
dilihat dari kebahasaannya, teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Padang sudah
menggunakan keenam aspek kebahasaan teks berita dengan tepat. Hal tersebut dapat
dibuktikan dari 30 teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Padang terdapat 2 teks
berita yang tidak menggunakan aspek kebahasaan singkat dengan tepat, 0 teks berita
tidak menggunakan aspek kebahasaan padat, 0 teks berita tidak menggunakan aspek
kebahasaan sederhana, 0 teks berita tidak menggunakan aspek kebahasaan lugas, 5
teks berita tiak menggunakan aspek kebahasaan aspek menarik, dan 4 teks berita
tidak menggunakan aspek kebahasaan jelas.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa. Pertama, struktur
teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Padang belum tepat. Hal ini dikarenakan
pada bagian struktur teks berita masih memiliki struktur yang tidak tepat. Kedua,
kebahasaan teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Padang sudah tepat.
Actions (login required)
|
View Item |