Nofa, Chindi Oktiani
(2023)
Struktur Teks dan Penggunaan Kalimat dalam
Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Struktur dan penggunaan kalimat yang benar dalam teks persuasi
mempengaruhi kejelasan makna yang dimaksud oleh penulis. Hal ini
didasarkan dengan kemampuan siswa menulis teks persuasi dengan
memerhatikan struktur dan penggunaan kalimat yang tepat.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur dan
penggunaan kalimat dalam teks persuasi siswa yang baik dan benar sesuai
kaidah bahasa Indonesia. Jenis penelitan ini adalah peneltian kualitatif dengan
menggunakan metode deskrptif atau rangkaian kata-kata. Data bersumber dari
teks persuasi karya siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang tahun ajaran
2022/2023 berjumlah 25 orang siswa dengan menggunakan teknik pancing
untuk pengumpulan data yang diasahkan menggunakan teknik cross-check .
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, dalam menulis
teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang telah menggunakan
empat bagian struktur teks persuasi. Empat struktur tersebut, pengenalan isu,
rangkaian argumen, pernyataan ajakan dan penegasan kembali. Hal itu terbukti
dari 25 teks persuasi yang dianalisis, terdapat 23 teks persuasi memiliki
struktur yang lengkap. Kedua, dalam menulis teks persuasi siswa kelas VIII
SMP Negeri 12 Padang masih diperlukan penanaman pemahaman dalam
menggunakan kalimat. Kalimat yang seharusnya digunakan siswa pada
kehematan kata, ketepatan ejaan, dan ketepatan diksi yang digunakan dalam
harus lebih diperhatikan lagi. Dari beberapa siswa juga tidak menggunakan
kalimat yang efektif. Ketiga, ketepatan ejaan dapat dilihat dari penggunaan
huruf kapital dan pemilihan kalimat diksi yang tepat.
Dalam penelitian ini juga ditemukan hasil bahwa ada beberapa struktur
dan penggunaan kalimat yang kesalahan kalimatnya hanya menggunakan satu
indikator dan ada beberapa kalimat yang kesalahan kalimatnya terdapat dua
sampai tiga indikator penggunaan kalimat.
Actions (login required)
|
View Item |