Hubungan Literasi Informasi dengan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X MIPA SMAN 2 Painan

Wulandari, Ratri Pradinda (2022) Hubungan Literasi Informasi dengan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X MIPA SMAN 2 Painan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_RATRI_PRADINDA_WULANDARI_16031110_744_2022.pdf

Download (612kB) | Preview

Abstract

Literasi Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) menjadi faktor penting dalam pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi Covid-19. Kompetensi dan literasi dalam menggunakan komputer dan berselancar di dunia maya menjadi keterampilan dasar yang diperlukan dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Upaya untuk meningkatkan literasi informasi harus didukung dengan ketersediaan sarana teknologi informasi (internet) serta perpustakaan yang tentunya sudah ada di setiap institusi pendidikan yang harus terus dikembangkan dan benar-benar dimanfaatkan secara optimal. Namun, di beberapa sekolah salah satunya di SMAN 2 Painan, ketersediaan sarana teknologi informasi belum optimal dimanfaatkan untuk menunjang proses belajar mengajar salah satunya dalam pembelajaran biologi. Tujuan pada penelitian adalah untuk mengetahui hubungan literasi informasi dengan hasil belajar biologi peserta didik kelas X MIPA SMAN 2 Painan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan pada semester Juli-Desember 2021 di SMAN 2 Painan. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling, dengan cara mengambil delapan kelas dari kelas X MIPA 1 - X MIPA 8. Sampel berjumlah 288 orang peserta didik. Pada hasil penelitian di lakukan perhitungan distribusi skor literasi informasi, analisis normalitas data dan analisis korelasi menggunakan uji spermen renk. Selamjutnya dilakukan pengujian keberartian korelasi dengan menggunakan rumus t. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka didapatkan hubungan yang tidak berarti antara literasi informasi dengan hasil belajar biologi peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 2 Painan. -0,083 Kategori nilai korelasi yang diperoleh berkorelasi negatif (berawanan arah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitri, RahmadhaniUNSPECIFIED
CorrectorZulyusri, ZulyusriUNSPECIFIED
CorrectorFaudiyah, Sa'diatulUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 11 May 2023 03:34
Last Modified: 11 May 2023 03:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43695

Actions (login required)

View Item View Item