Desain Media Digital Pop Up Bookuntuk Membantu Hafalan Surah Al-Maun pada Anak Gangguan Spektrum Autime (GSA) Kelas XI

Amani, Risca (2022) Desain Media Digital Pop Up Bookuntuk Membantu Hafalan Surah Al-Maun pada Anak Gangguan Spektrum Autime (GSA) Kelas XI. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_RICHA_TIRMIARA_18003049_4909_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Media berperan penting dalam proses belajar mengajar bagi anak gangguan spektrum autisme. Keterbatasan guru dalam penggunaan media pembelajaran dalam menghafalkan Surah Al-Maun, hal ini mengakibatkan lamanya proses hafalan. Selain itu media yang digunakan guru tidak sesuai dengan kebutuhan dan gaya belajar anak. Berdasarkan permasalahan tersebut, perkembangan ilmu pengetahuan mendorong terciptanya media pembelajaran berbasis teknolgi. Inovasi Digital Pop Up Book sebagai media pembelajaran hafalan Surah Al-Maun pada anak Gangguan Spektrum Autisme dengan menggabungkan gaya belajar audio dan visual sesuai dengan kebutuhan anak yang lebih menarik dengan tampilan visualisasi gambar berbentuk 3D. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Design Based Research (DBR) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Design Based Research (DBR) yang diterapkan terdiri dari empat langkah, yaitu identifikasi dan analisis kebutuhan, pengembangan prototipe media, uji validasi dan refleksi. Identifikasi dan analisis kebutuhan dengan cara observasi dan wawancara untuk melihat kebutuhan anak. Pengembangan prototipe media dengan cara menyesuaikan kebutuhan anak dengan media Digital Pop Up Book. Setelah itu media divalidasi oleh lima orang ahli, yaitu ahli Pendidikan Luar Biasa, ahli media, ahli elektro, ahli agama dan guru Sekolah Luar Biasa. Kemudian direfleksi dan diperbaiki berdasarkan masukan dari ahli. Hasil penelitian ini berdasarkan hasil uji validasi dari lima orang ahli. Ahli pendidikan luar biasa memperoleh persentase penilaian 100% dari aspek kecocokan penggunaan media dengan kebutuhan anak gangguan spektrum autisme. Ahli media memperoleh persentase penilaian 92,85% dari aspek keefektifan, kegunaan dan kelayakan. Ahli elektro memperoleh persentase penilaian 93,33% dari aspek komponen elektro yang digunakan. Ahli agama memperoleh persentase penilaian 100% dari aspek output suara telah sesuai dengan kaidah dalam membaca Alquran. Kemudian guru Pendidikan Luar Biasa memproleh penilaian 90,78% dari aspek kebutuhan pembelajaran anak. Dapat disimpulkan bahwa Digital Pop Up Bookdapat digunakan untuk membantu hafalan Surah Al-Maun bagi anak gangguan spektrum autisme.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSilvia, RahmahtriUNSPECIFIED
CorrectorFatmawati, FatmawatiUNSPECIFIED
CorrectorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ANAK GANGGUAN SPEKTRUM AUTISME, DIGITAL POP UP BOOK, SURAH AL-MAUN
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Apr 2023 03:08
Last Modified: 13 Apr 2023 03:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43325

Actions (login required)

View Item View Item