Indriyani, Fitria
(2022)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Talking Stick Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV SDN 10 Lubuk Begalung Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang belum maksimal serta guru masih mendominasi dalam proses pembelajaran dibandingkan peserta didik. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning tipe Talking Stick di sekolah dasar . Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model Cooperative Learning tipe Talking Stick. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitaif. Dilaksanakan dalam dua siklus, tiga kali pertemuan. Subjek penilitian adalah guru dan peserta didik yang berjumlah 27 orang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Instrumen penelitian ini lembar analisis dokumen, observasi, tes dan non tes..
Hasil penelitian RPP siklus I rata-rata 83,4% kualifikasi Baik (B), siklus II dengan rata-rata 97,2 % kualifikasi Sangat Baik (SB). Hasil pengamatan aspek guru siklus I rata-rata 83,4% dengan kualifikasi Baik (B), siklus II rata-rata 97,2% kualifikasi Sangat Baik (SB). Hasil pengamatan aspek peserta didik siklus I rata-rata 83,4% kualifikasi Baik
(B), siklus II rata-rata 97,2% kualifikasi Sangat Baik (SB). Hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh nilai rata-rata 79,77 pesentase ketuntasan 74,1%, siklus II nilai rata-rata 89,4 persentase ketuntasan 96,2%. Dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Learning tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar.
Actions (login required)
|
View Item |