Herni, Elvi
(2022)
Potret Kegiatan Pendidikan Pemustaka (User Education)
di Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol
Padang.
Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kegiatan pendidikan pemustaka (user education) sangat diperlukan
oleh perpustakaan untuk mengenalkan layanannya kepada pemustakanya.
Namun, realitanya di Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang masih banyak
mahasiswa yang belum mengetahui cara penggunaan perpustakaan padahal
perpustakaan sudah melakukan kegiatan pendidikan pemustaka (user
education).
Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan
kegiatan user education di Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang; (2)
output kegiatan user education di perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam makalah ini
adalah metode deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara dengan 3
orang informan utama dan 1 orang informan kunci, serta dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan user
education tahun ajaran 2021/2022 di perpustakaan UIN Imam Bonjol
Padang belum dilaksanakan dengan baik. Dalam pelaksanaan kegiatan
pendidikan pemustaka (user education) secara online ditemui tiga
permasalahan utama, yaitu permasalahan literasi informasi, permasalahan
komunikasi, serta permasalahan yang bersifat teknis seperti permasalahan
aplikasi dan jaringan internet.
Kesimpulan penelitian ini sebagai berikut: pertama, pelaksanaan
kegiatan user education tahun 2021 di perpustakaan UIN Imam Bonjol
dilaksanakan secara online dengan tahapan yaitu: (1) proses pendaftaran
melalui Telegram; (2) proses pelaksanaan, dimulai dari perkenalan staf
perpustakaan melalui metode ceramah dan membagikan buku pedoman; (3)
setelah pelaksanaan, peserta mengisi absensi yang telah disediakan; kedua,
output dari kegiatan user education perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang
menjadikan mahasiswa memahami dan mengetahui layanan apa saja yang
ada di perpustakaan.
Actions (login required)
|
View Item |