Melinda, Audina
(2022)
Partisipasi Masyarakat dalam Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Bougenville Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keunikan fenomena yang ada pada LKP Bougenville Lubuk Basung ini, yaitu kemampuan bertahan pada masa pandemi membuat lulusan LKP ini meningkat dari tahun sebelumnya dan kehadiran LKP Bougenville yang disenangi oleh masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) partisipasi masyarakat dalam pendidikan terhadap perkembangan LKP Bougenville Lubuk Basung baik dalam bentuk partisipasi finansial, partisipasi dalam bentuk tenaga dan partisipasi evaluatif (2) Tingkat partisipasi masyarakat dalam pendidikan. Penelitian dengan pendekatan kualitatif ini menggunakan metode studi
kasus. Menurut Creswell (2012) beliau mengatakan bahwa studi kasus merupakan kajian penelitian mengenai suatu peristiwa, program, kegiatan, komunitas individu serta suatu proses kegiatan yang dikaji oleh peneliti secara menyeluruh.
Menurut Setting penelitian ini dilaksanakan di Lembaga kursus dan Pelatihan (LKP) Bougenville berlokasi di Jl. Gajah Mada Hilir Pasar Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Sumber data dalam penelitian ini yaitu
pengelola, instruktur serta pegawai LKP Bougenville, masyarakat, tokoh masyarakat dan alumni peserta kursus. Teknik pengumpul data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Dalam penelitian ini, teknik keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) partisipasi masyarakat dalam pendidikan terhadap perkembangan LKP Bougenville Lubuk Basung sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari beberapa aspek partisipasi aktivitas finansial dalam bentuk pendanaan oleh donatur dari bantuan pemerintah terhadap keberlangsungan kegiatan pendidikan kursus yang dibutuhkan oleh LKP
Bougenville. Partisipasi dalam bentuk tenaga dilakukan masyarakat dengan cara mempromosikan lembaga terkait dengan keberhasilan program pada LKP Bougenville. Partisipasi evaluatif dapat dilihat dari keterlibatan masyarakat dalam
kehadiran masyarakat/orangtua pada saat rapat dengan melakukan pengendalian dan kontrol terhadap penyelenggaraan pendidikan, sehingga masyarakat dapat memberikan umpan balik dan penilaian terhadap kinerja lembaga pendidikan dengan memberikan kesan, kritik dan saran. (2) Implementasi tingkat partisipasi masyarakat dalam pendidikan pada LKP Bougenville ada pada tingkat partnership.
Actions (login required)
|
View Item |