Rusdi, Akbar Muhammad
(2022)
Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Powtoon Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya keterampilan guru dalam mempergunakan media dalam proses pembelajaran, dimana sekolah sudah memberikan fasilitas yang memadai untuk dikembangkan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi
berbasis Powtoon pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar yang valid, praktis, serta efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Reserch and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan di SDN 09 Air Tawar Barat dan SDN 26 Air Tawar Timur. Media yang dirancang
divalidasi oleh validator menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk ini terdiri dari ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Kemudian diujicobakan di kelas V SDN 09 Air Tawar Barat dan kelas V SDN 26 Air Tawar Timur untuk mengetahui praktikalitas dan efektifitas media yang dikembangkan. Hasil penelitian yang dikembangkan, didapatkan hasil tingkat validitas media pembelajaran video animasi berbasis Powtoon pada pembelajaran tematik terpadu dengan nilai validasi 90% dari ahli materi, hasil validasi bahasa
mendapatkan nilai 88%, serta validasi media mendapatkan nilai 85% dalam kategori sangat valid. Selanjutnya hasil uji praktikalitas respon guru mendapat nilai rata-rata 94,5% dan respon peserta didik mendapat nilai rata-rata 90,38% dengan kategori sangat praktis. Untuk tingkat efektifitasnya mendapat nilai rata-rata 83,48% dengan kategori efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi berbasis Powtoon pada pembelajaran tematik terpadu
di kelas V Sekolah Dasar yang dikembangkan dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan juga efektif sebagai media pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |